News

Check out market updates

Pilih KPR Bank Syariah atau Bank Konvensional

Pilih-KPR-Syariah-atau-Bank

Kutalands.comAnda tentu sudah tidak asing lagi dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) bukan? Nah, kini sudah banyak juga bank yang menawarkan KPR Syariah. Lalu apa bedanya dan apa keuntungan KPR Syariah jika dibandingkan dengan KPR konvensional. Dikutip dari urbanindo.com Temukan jawabannya dalam artikel ini!

Perbedaan KPR Konvensional dengan Syariah

Seperti yang telah kita ketahui, kini ada KPR konvensional dan KPR syariah. Perlu diketahui bahwa tidak ada perbedaan mengenai persyaratan kredit antara keduanya. Sebelumnya memang ada perbedaan Loan to Value (LTV) atau persentase jumlah pinjaman terhadap nilai pinjaman. KPR syariah lebih ringan jika dibandingkan dengan konvensional, namun kini keduanya sudah sama.

Hal yang membedakan Antara KPR syariah dengan konvensional terletak pada perhitungan kewajiban. Pada pembiayaan KPR syariah tidak terdapat perhitungan bunga karena menggunakan sistem bagi hasil. Hal ini tentu berbeda dengan KPR konvensional yang memiliki perhitungan bunga. Nilai peminjaman KPR syariah terdiri dari nilai pembelian rumah ditambah margin.

Perbedaan akan ditemukan juga pada akad. Pada KPR konvensional hanya dikenal akad jual beli, sedangkan KPR syariah terdiri dari beberapa akad. Akad KPR syariah terdiri dari Murabahah (jual beli), Musyarakah Mutanaqishah (kepemilikan bertahap), Ijarah (sewa), dan Ijarah Muntahua Bittamlik (sewa beli). Dari sekian banyak akad, yang paling banyak digunakan adalah Murabahah.

Penjelasan antara KPR Syariah dan Konvensional

Untuk KPR Syariah adalah menggunakan akad yang jelas diawal missal seperti suku bunga, angsuran, hingga kenaikan diawal yang jelas dan disepakati bersama diawal, Dan untuk KPR konvensinal akan mengalami floating / otomatis angsuran naik tanpa pemberitahuan sebelumnya. jika masa promo telah habis. Apabila artikel diatas masih kurang jelas hubungi kami dan kami akan bantu Anda secara gratis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *