News

Check out market updates

10 Tips Membeli Rumah Bekas / Second

Rumah bekas / Second

Membeli Rumah adalah impian setiap orang? Disini KutaLands.com akan memberikan tips untuk Anda. Bagi anda yang ingin membeli rumah second / bekas sebelum Anda memutuskan untuk membeli rumah bekas / second, karena membeli rumah ibarat mencari pasangan hidup dan sebaiknya Anda perlu teliti dan memperhatikan hal – hal sebagai berikut :

  1. Lokasi rumah
  2. Alasan Rumah dijual
  3. Status Legalitas seperti IMB, SHM
  4. Harga Jual
  5. Luas tanah dan Luas bangunan
  6. Lebar jalan depan rumah
  7. Status rumah
  8. Situasi Lingkungan
  9. Akses jalan menuju lokasi
  10. Kondisi rumah

Baiklah kita bahas satu per satu sebelum Anda benar benar memutuskan membeli rumah bekas atau second :

  1. Lokasi Rumah : Lokasi rumah sangat menentukan nilai investasi rumah yang akan Anda beli sehingga Anda perlu memperhatikan hal ini.
  2. Alasan Rumah dijual : Tidak ada salahnya Anda menanyakan sedikit hal kenapa alas an rumah tersebut di jual, karena sangat penting informasi ini
  3. Status Legalistas IMB, SHM : Ini sangat penting dan utama karena status rumah adalah soal legalitas Hak milik disini Anda mesti lebih teliti status Sertifikat Hak Milik. Dan Anda bisa melihat mulai status dan luas tanah apakah benar sesuai yang tertera di sertifikat. Begitu juga dengan IMB : Ijin mendirikan bangunan tidak kalah pentingnya dan sebaiknya Anda melihat dan desain rumah tersebut sesuai dengan yang tertera di IMB ataukah sudah berubah, karena pada prinsipnya Ijin mendirikan bangunan harus sama dengan yang tertera dan IMB
  4. Harga Jual : Sebelum Anda menawar rumah yang akan Anda beli tersebut alangkah baiknya Anda menanyakan harga pasaran rumah di dekat atau lingkungan rumah tersebut sebenarnya nilai pasaran rumah di area atau lingkungan tersebut. Dan tidak ada salahnya Anda menghubungi nomor telephone mungkin saja di lingkungan rumah tersebut dijual.
  5. Luas Tanah dan Luas Bangunan : Sama halnya seperti status legalitas SHM dan IMB harusnya sama.
  6. Lebar Jalan Depan Rumah : ini adalah penting karena lebar jalan mempengaruhi nilai investasi, idealnya minimal jalan menuju rumah adalah 4 meter lebar, apabila kurang dari 4 meter biasanya penilaian di bank sangat rendah sehingga mempengaruhi nilai plafon Anda seumpama Anda membeli rumah tersebut secara Kredit dari pihak Bank.
  7. Status Rumah : Untuk status rumah perlu di pertanyakan apakah dalam sengketa atau ada masalah lain, ataukah murni dijual.
  8. Situasi Lingkungan : Sebaiknya Anda tidak hanya sekali atau dua kali melihat lihat lokasi area lingkungan dan mengenali rumah tersebut bisa Anda lakukan baik siang maupun malam karena situasi lingkungan sangat mempengaruhi di masa yang akan datang apabila Anda sudah menghuni rumah tersebut.
  9. Akses menuju Rumah / Lokasi : Tidak kalah penting untuk Anda kenali sebelum Anda memutuskan untuk membeli apakah area rumah tersebut jauh dari pemukiman atau tidak, Jauh dengan Akses yang Anda butuhkan dalam kehidupan Anda setiap harinya. Dan jangan sampai Anda membeli rumah dengan harga murah tapi untuk keperluan / kepentingan Anda setiap harinya terganggu.
  10. Kondisi Rumah : Sebaiknya Anda melakukan pengecekan setiap sudut rumah untuk melakukan pengecekan rumah tersebut apakah layak atau tidak supaya Anda tidak menyesal di kemudian harinya.

Demikianlah sedikit informasi tentang pembelian rumah bekas / second untuk hal hal yang tidak tercantum dalam kategori diatas Anda memahami sendiri. Karena Anda yang menentukan semuanya

 

 

 

 

(5) Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *